Buku pedoman umum penulisan tesis ini dimaksudkan untuk mendapatkan keseragaman dalam penulisan. Pedoman ini berlaku untuk semua program studi di Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Namun demikian, peluang tetap diberikan kepada setiap program studi dalam batas-batas tertentu terutama yang terkait dengan kekhasan program studi terkait. Karena setiap program studi memiliki buku panduan penulisan masing-masing yang lebih rinci, oleh karena itu buku ini hanya menyajikan garisgaris besar penulisan, tata cara penulisan, dan beberapa contoh penulisan usulan tesis dan tesis. Secara garis besar buku pedoman umum ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu: (1) pendahuluan yang mencakup prosedur administrasi penulisan tesis yang meliputi pengertian penulisan tesis, tata cara pendaftaran judul atau topik tesis, dan proses pembimbingan tesis, (2) penulisan usulan tesis, (3) penulisan tesis, (4) penulisan artikel publikasi yang ditulis berdasarkan tesis, dan (5) tata tulis. Buku pedoman ini juga dilengkapi dengan contohcontoh penulisan, seperti halaman judul, halaman pengesahan, dan sebagainya yang diharapkan dapat membantu mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta menulis usulan tesis dan tesis dan memperlancar proses bimbingan penulisan tesis.

 

Download Pedoman Tesis

 

SYARAT-SYARAT MENDAFTAR UJIAN TESIS

  1. Mengisi formulir pendaftaran ujian tesis (disediakan diloket 1 Pasca UMS) ditandatangani ketua program studi
  2. Menyerahkan bukti uji turnitin dari perpustakaan Pascasarjana UMS
  3. Menyerahkan Buku konsultasi tesis yang ditandatangani oleh pembimbing
  4. Menunjukan surat keterangan bebas keuangan dari Program Pascasarjana UMS
  5. Menunjukan transkrip nilai yang sudah lengkap
  6. Menunjukan minimal 5 lembar asli sertifikat seminar interdiciplinary sharing Pascasarjana UMS dan menyerahkan copynya, yang salah satunya harus berupa sertifikat seminar pelatihan penulisan naskah publikasi tesis.
  7. Menyerahkan fotokopi sertifikat test TOEFL/English Profeciency dengan skor minimal 450 untuk mahasiswa MPI, M.Pd.I, MPB B.Inggris, M.Pd, dan mahasiswa fresh student  (semua jurusan) sebanyak 1(satu) lembar dan menunjukan aslinya
  8. Menyerahkan fotokopi sertifikat test TPA dari UUOPT BAPPENAS dengan skor minimal 400 sebanyak 1(satu) lembar dan menunjukan aslinya (mulai mahasiswa angkatan 2011)
  9. Menyerahkan berkas tesis dan naskah publikasi tesis dilampiri persetujuan nota pembimbing 3 eksemplar bercover (softcover) dengan warna sbb:
  • Program Studi Pemikiran Islam : Biru Laut
  • Program Studi Pendidikan Islam : Biru Laut
  • Program Studi Magister Manajemen : Merah Hati (Maroon)
  • Program Studi Manajemen Pendidikan : Kuning Kunyit
  • Program Studi Ilmu Hukum : Hijau Muda
  • Program Studi Teknik Sipil : Kuning Gading
  • Program Studi Pengkajian Bahasa : Coklat Tua
  • Program Studi Sains Psikologi : Ungu

Mengisi buku pendaftaran ujian tesis yang telah disediakan jika syarat no 1-9 sudah lengkap